Minggu, 06 April 2014

Pelaporan Keuangan


Perkembangan Pengungkapan
            Perkembanga sistem pengungkapan sangat berkaita dengan perkembangan sistem akuntansi. Standar dan praktik pengungkapan dipengaruhi oleh sumber-sumber keuangan, sistem hukum, ikatan politik dan ekonomi, tingkat pembangunan ekonomi, tingkat pendidikan, budaya, dan pengaruh lainnya.
Konsep-konsep Pengungkapan
1.      Pengungkapan Cukup
merupakan pengungkapan yang diwajibkan oleh standar akuntansi yang berlaku.
2.      Pengungkapan Wajar
merupakan konsep yang bersifat lebih positif, penguungkapan yang wajar merupakan tujuan etis agar dapat memberikan perlakuan yang sama dan bersifat umum bagi semua pemakai laporan keuangan
3.      Pengungkapan Penuh
Pengungkapan Sukarela
Manajer memiliki informasi mengenai kinerja perusahaan saat ini pada masa datang yang lebih baik bila dibandingkan dengan pihak eksternal. Dalam laporan terakhir, Badan Standar Akuntansi Keuangan (FASB) menjelaskan sebuah proyek FASB mengenai pelaporan bisnis yang mendukung padangan bahwa perusahaan akan mendapatkan manfaat pasar modal dengan meningkatkan pengungkapan sukarelanya.
Laporan ini berisikan tentang bagaimana dapat menggambarkan dan menjelaskan potensi investasinya kepada para investor.
Ketentuan Pengungkapan Wajib
Untuk melindungi para investor, kebanyakan bursa efek (bersama dengan badan profesional atau pemerintah pembuat aturan seperti komisi Pasar modal AS) memberlakukan ketentuan pelaporan dan pengugkapan bagi perusahaan domestik dan asing yang mencari akses kepada pasar-pasar tersebut. Bursa-bursa ini ingin memastikan bahwa investor memiliki informasi yang cukup untuk mengevaluasi kinerja dan prospek sebuah perusahaan.
Bursa efek dan badan regulator pemerintah umumnya mengharuskan perusahaan asing yang mencatatkan saham untuk memberika informasi keuangan dan non keuangan yang sama dengan yang diharuskan kepada perusahaan domestik. Setiap informasi yang diumumkan, yang dibagikan kepada para pemegang saham atau yang dilaporkan kepada badan regulator dipasar domestik. Namun demikian, kebanyakn negara tidak mengawasi atau menegakkan pelaksanaan ketentuan “kesesuaian pengungkapan antar wilayah (yuridiksi).”
           
            Debat Pelaporan Keuangan SEC AS
SEC mengharuskan perusahaan pendaftaran dari luar negeri untuk memberikan informasi keuangan yang pada dasarnya sama dengan yang diharuskan terhadap perusahaan domestik. Namun demikian, laporan keuangan perusahaan pendaftara asing tidak harus disusun sesuai dengan GAAP AS apabila laporan tersebut disusun menurut kumpulan prinsip akuntansi komprehensif lainnya dan disertai dengan rekonsiliasi kuantitatif atas laba bersih, ekuitas pemegang saham dan laba per saham menurut GAAP AS, jika berbeda secara material.
Praktik Pelaporan dan Pengungkapan
            Aturan pengungkapan sangat berbeda di seluruh dunia dalam beberapa hal seperti laporan arus kas dan perubahan ekuitas, transaksi pihak terkait, pelaporan segmen, nilai wajar aktiva dan kewajiban keuangan dan laba per saham. Pada bagian ini perhatikan dipusatkan pada:
1.      Pengungkapan Informasi yang meihat masa depan,
2.      Pengungkapan Segmen
3.      Pelaporan Arus Kas dan Arus dana
4.      Pengungkapan Tanggung Jawab Sosial
5.      Pengungkapan khusus bagi para pengguna laporan keuangan non domestik dan atas prinsip akuntansi yang digunakan

Pengungkapan Tata Kelola Perusahaan
            Tata kelola perusahaan berhubungan dengan alat-alat internal yang digunakan untuk menjalankan dan mengendalikan sebuah perusahaan tanggung jawab, akuntabilitas dan hubungan diantara para pemegang saham, anggota dan para manajer yang dirancang untuk mencapai tujuan perusahaan.
Pengungkapan dan Pelaporan Bisnis melalui intern
            World wide web semakin banyak digunakan sebagai saluran penyebar informasi, dimana media cetak sekarang memainkan peranan. Bahasa pelaporan usaha (Extensible Business Reporting Language-XBRL) merupakan tahap awal revolusi pelaporan keuangan. Bahasa komputer di bangun ke dalam hampir semua software untuk pelaporan akuntansi dan keuangan yang akan dikeluarkan di masa depan, dan kebanyakan pengguna tidak perlu lagi mempelajari bagaimana mengolahnya sehingga secara langsung dapat menikmati manfaatnya.

Sumber :
Choi D.S. Frederick & Meek K. Gary. 2005. Akuntansi Internasional, Edisi 5 Buku 1. Jakarta: Salemba Empat

Nama               : ERMA YENI
NPM               : 22210408
Kelas               : 4EB19

Tidak ada komentar:

Posting Komentar